Minggu, 08 September 2013

Menguak Misteri Politik dalam Sosok Soekarno


Judul :  Soekarno Membongkar Sisi-Sisi Hidup Putra Sang Fajar
Penerbit : LP3S Jakarta
Edisi : 32/No2-No3 tahun 2013
ISSN : 0301-6269

         Sosok Soekarno dalam panggung politik Indonesia, sampai kini masih tetap membawa misteri politik dan tokoh kontraversial. Proklamator republik ini , menjadi presiden pertama RI, kemudian dijatuhkan dalam kudeta berdarah-darah, ada upaya dari rezim untuk menghapus peran dan jejak sejarahnya dalam perjalanan republik yang dirintis dan dipimpin di awal berdirinya.

         Kata pengantar dalam edisi khusus Prisma kali ini mengatakan, lebih dari tiga puluh lima tahun silam (1977), Prisma menerbitkan dan mempersoalkan Soekarno bersama sejumlah pemimpin Indonesia lain—di tengah masa ketika menyebut nama Soekarno saja menjadi bencana besar. Prisma memecahkan kesunyian itu, pada saat berziarah ke makam Bung Karno di Blitar pun masih memerlukan surat izin Komando Distrik Militer (Kodim) setempat.

         Selanjutnya dikatakan, dalam kegemilangan peran sebagai nasionalis, liberator, proklamator, dan akhirnya menjadi diktator populis, siapa sesungguhnya Soekarno tidak pernah jelas bagi bangsa ini. Kekompleksandiri dan kepribadiannya menjadi halangan utama: dialah api di tengah massa, dan kuyu ketika ditekan dalam kesepian politik.

        Jurnal ini bagus menjadi bahan referensi baru guna memahami dan mengerti Soekarno di era keterbukaan dan kebebasan, minimal mengetahui sisi lain dari kehidupannya yang selama ini belum terungkap dalam beberapa fase yang belum sempat terpublikasikan, (yahya)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar