Senin, 25 April 2011

Ekowisata Kelautan Mengatasi Kemiskinan Nelayan


Judul : Pengelolaan Ekowisata Pesisir dan Laut
Penulis : Prof.Dr.Ir.H.Ambo Tuwo, DEA
Halaman : xii + 412
Terbit : Januari 2011
Penerbit : Brilian Internasional Sidoarjo
ISBN: 978-979-16702-9-6

Secara kasat mata, masyarakat di pesisir pantai, hampir pasti masuk dalam kategori miskin. Kantong kemiskinan, dengan mudah ditemukan pada wilayah pantai dan desa nelayan.
Silih berganti kebijakan peningkatan kualitas hidup para nelayan, tetapi semua kebijakan itu tetap menjadi konsep, kenyataan sosial menunjukkan nelayan tetap saja memelihara dan mewariskan kemiskiannya.
Konsep ekowisata sektor kelautan terutama pesisir dan laut, dapat menjadi jalan keluar dari lilitan kemiskinan nelayan. Buku ditulis oleh Asdir I Program Pascasarjana UNHAS, Prof.Dr.Ir.H.Ambo Tuwo, DEA menjadi butu teks dan rujukan guna memahami dan mengerti konsep ekowisata kelautan dan pesisir.
Konsep itu memberi pilihan kepada warga di pesisir pantai, tidak hanya bergantung pada hasil tangkapan ikan dan hasil laut lainnya, tetapi ditunjukkan jalan, jika potensi kelautan diberdayakan maksimal akan mampu mendapatkan nilai sosial dan ekonomi
Doktor ekologi laut Universite de Bretagne Occicentale, Brest Prancis 1990, menilai penyebab ekowisata pesisir dan laut kurang berkembang di Indonesia, karena komponen pengelolaan tidak terintegrasi secara baik.
Buku ini menurut dosen tamu di Kanada, Australia, Jamaica dan Filipina, menguraikan komponen ekosistem, sosil dan ekonomi, kelembagaan, sarana wilayah. Dilengkapi petunjuk praktis pengelolaan kegiatan ekowisata pesisir dan laut. Patut dibaca pengambil kebijakan bidang kelautan, mahasiswa, LSM dan pihak berkepentingan lainnya. (moh yahya mustafa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar