Kamis, 10 November 2011

Drs. Robby Walalangi, M.Sc, MM : Bertekad Hadirkan STIE PIONEER Terbaik di Sulut





Kampus STIE Pioneer Manado telah melewati perjalaan waktu dengan segala suka dan dukanya. Awalnya bernama Akademi Akuntansi Manado (A2M) beroperasi sejak 1976. Kurun waktu panjang itu, banyak menghasilkan alumni yang kini berkarier di kantor pemerintah dan swasta.

Tuntutan regulasi pendidikan tinggi sejak 1996, mengharuskan kampus beralih nama dan jenjang program studi menjadi STIE Pioneer dengan prodi strata satu. Perubahan nama dan status tersebut menjadikan tantangan baru dalam kompetisi dunia pendidikan tinggi semakin keras dan kencang.



Ketua Yayasan Bangun Waya Manado mengelola kampus STIE Pioneer, Drs. Robby Walalangi, M.Sc ,MM mengaku mengelola dan mengembangkan kampus senantiasa menempuh pola pendekatan hati nurani. Pola demikian menjadikan civitas akademika, merasa kampus adalah miliknya, sehingga setiap saat merawat dan meningkatkan proses pembelajaran, katanya. .

Pendekatan Hati Nurani
Mengedepankan pendekatan hati nurani katanya , membuat pihak manajemen tidak perlu marah-marah dalam memimpin seluruh civitas akademika kampus. Para dosen tentu lebih memahami dan mengerti tugas dan fungsinya dalam proses pembelajaran.

Sebelum masuk mengajar para dosen tentu mempersiapkan SAP dan GBBP sehingga, materi pembelajaran secara terprogram dapat tercapai. Mahasiswa dapat menerima bahan perkuliahan dengan positif dan lebih komunikatif.

Hal sama juga perlu dipahami oleh para pegawai dan mahasiswa. Proses pembelajaran mutlak harus berjalan sesuai aturan main. Materi yang disampaikan dosen tentu akan lebih mudah diserap dengan adanya SAP dan GBBP yang disiapkan. Lewat SAP itu, mahasiswa dengan mudah memperoleh buku-buku referensi dan bahan terbitan lainnya di perpustakaan atau toko buku untuk setiap kali pertemuan dalam kelas.

Penerapan kebijakan untuk mendorong pertumbuhan kampus juga dilakukan dengan tidak pilih kasih. Civitas akademika yang memiliki kemampuan dan prestasi terus didorong dan diberi ruang untuk mengembangkan kreatifitas dan potensi diri yang dimiliki.

Terbaik di Sulut
Impian periode kepengurusan lima tahun ke depan menjadikan kampus the best di Sulut. Mewujukan mimpi terbaik itu tidak semudah membalikkan tangan, tetapi harus dibarengi kerja keras dan kerjasama semua civitas akademika. Pembenahan sumber daya manusia dilakukan dengan mendorong dan membuka peluang bagi dosen melanjutkan studi ke jenjang S2 dan S3.

Sumber daya dosen berkualitas menjadi asset utama pengembangan kampus ke depan. Proses pembelajaran tentu akan berjalan maksimal katanya, jika ditopang tenaga dosen dengan kualifikasi pendidikan S2 dan S3.

Kondisi dosen saat ini, jumlanya mencapai 40 orang, DPK sebanyak 2 orang dan DTY 38 orang. Mereka itu sebanyak 8 orang merampungkan studi S2 serta 1 orang kandidat doktor ekonomi di PPs Universitas Sam Ratulangi Manado.

Dua prodi yang dikelola manajemen dan akuntasi dipacu untuk tingkatkan status akreditasi BAN-PT ke posisi lebih tinggi. Memacu akreditasi dengan melakukan pembenahan pada kualitas pendidikan dosen, sarana dan prasarana kampus serta menggairahkan kegiataan kemahasiswan dan pengabdian kepada masyarakat, tegas Robby.

(yahya-asnawin-yusuf)

2 komentar:

  1. maaf sebelumnya...
    ada saran kalau boleh dicantumkan akreditas serta tanggal, bulan lahirnya STIE PIONEER MANADO tersebut.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ok trims koreksix akan kami komunikasikan dengan pengelola kampus

      Hapus