Jumat, 04 Mei 2012

Dr.H.Andi Tenri Mahmud, M.Si : Perlawanan Orang Miskin di Pinggiran Kontu

Perlawanan masyarakat sekitar hutan di Kontu terwujud dalam berbagai aksi, seperti pencurian kayu, penyerobotan lahan, pembangkangan, perusakan tanaman hutan, pertalian masyarakat dengan pencuri, gosip dan pertikaian kata-kata, dan menuntut balas.

Demikian salah satu simpulan disertasi  DPK PPs Administrasi Negara Universitas Dayanu Ikhsanuddin Baubau, Dr.H.Andi Tenri Mahmud, M.Si. berjudul, Perlawanan Sehari-hari Masyarakat Sekitar Hutan: Studi pada Komunitas Kontu di Muna Sulawesi Tenggara, dengan promoter, Darmawan Salman dan kopromotor, Andi Mansyur Hamid dan Sitti Bulkis Daud.  

Pria kelahiran Parepare  31 Desember 1965, merampungkan studi S3  Ilmu Sosiologi PPs Universitas Negeri Makassar 14 September 2011. Selanjutnya dikatakan, segenap aksi perlawanan, selain berhubungan  klaim material  meningkatkan taraf hidup dan keluar dari kemiskinan, juga bermakna protes dan perlawanan atas penyelewengan  penyelenggaraan kehutanan;

Setting dramaturgi sosial perlawanan terpresentasi dari fenomena panggung depan dan panggung belakang dari tindakan aktor sekitar hutan yang dibiaskan, melalui sikap bermuka-dua, kepura-puraan, dan saling tuding.

Refleksi dramaturgi itu secara keseluruhan tampak seperti bermuara pada perhitungan pragmatisme dan kepentingan, yakni seberapa jauh aktor bisa memperoleh keuntungan dari aktivitas berbasis sumberdaya hutan, kayu, dan lahan, maupun terhadap penyelenggaraan kehutanan. (yahya)

1 komentar:

  1. saya sangat tertarik dengan desertasi bapak dan saya sangat tertarik membaca desertasi bapak secara lengkap

    BalasHapus