Sabtu, 06 Oktober 2012

Ayu Kartini Parawansa Raih Doktor Pertanian


Fakultas Pertanian UMI Makassar kembali menambah dosen bergelar doktor. Dr.Ir.Ayu Kartini Parawansa, DPK UMI Makassar berhasil mempertahankan disertasinya pada ujian promosi dilaksanakan di PPs UNHAS 4 Juli 2012.

        Ayu menulis disertasi berjudul Studi Perkembangan  Gejala dan Epidemiologi Sindrom Baru Vascular-Streak Dieback Pada Kakao di Sulawesi. Bendahara Perhimpunan Phytopathology Indonesia Komda Sulawesi Selatan, dibimbing oleh Promotor Prof. Dr. Ir. Sylvia Sjam,MS  (Universitas Hasanuddin). Kopromotor Prof. Dr. Philip J. Keane (La Trobe University, Australia) dan Ir. Ade Rosmana, MSc. Ph.D (Universitas Hasanuddin).

      Dosen penguji,  Prof.Dr.Ir. Ambo Ala, MS, Prof.Dr.Tutik Kuswinanti, MSc,  Ir. Nasaruddin, MSc, PhD.  Penguji external, Dr. Ir. Arifin Tasrif, MSc. (Kepala Pusat Karantina Tumbuhan Republik Indonesia dan  Sekertaris FAO)

      Hasil penelitian menemukan bahwa sindrom baru vascular-streak dieback pada kakao tidak disebabkan  oleh  sebuah jamur baru atau kombinasi jamur, namun disebabkan oleh Ceratobasidium (Oncobasidium) theobromae, yang awalnya telah ditemukan sebagai penyakit di PNG oleh Keane (1972).

       Kelihatannya bahwa penyebab perubahan-perubahan yang terjadi pada gejala baru VSD adalah disebabkan  karena respon inang pada jamur. Hal ini dapat disimpulkan bahwa perubahan-perubahan ini dipengaruhi oleh iklim dan kesuburan tanah. (yahya-wahab)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar