Kamis, 21 Februari 2013

APTISI dan Lembaga Akreditasi Mandiri


       Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) dalam waktu dekat akan segera hadir menjadi alternatif bagi Badan Akreditasi Nasional (BAN). Kehadiran LAM menjadi tuntutan dan kebutuhan bagi kampus PTS,  guna mempercepat program studi  mendapatkan legitimasi. Demikian ditegaskan Ketua APTISI Wilayah A Sulawesi, Prof.Dr.H.Hambali Thalib, SH, MH, di Makassar, Jumat 14 Desember 2012.

       Gagasan pembentukan LAM mulai bergulir pada pertemuan pengurus APTISI seluruh Indonesia di Jakarta Nopember 2012.  Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional,  telah memberi lampu hijau pembentukan LAM. Pemantapan organisasi dan tekhnis administrasi,  menjadi salah satu agenda pembicaraan dalam Rakernas APTISI 2013 se-Indonesia digelar di Makassar, Februari 2013, tandas mantan Direktur Program Pascasarjana UMI Makassar ini.

       Kenyataan, terlalu banyak prodi  belum divisitasi,  karena keterbatasan waktu, tenaga asesor dan dana  BAN-PT. Kehadiran LAM menjadi salah satu solusi mepercepat prodi yang selama ini belum tervisitasi akan dengan mudah mendapat kesempatan dengan hadirnya LAM.

      Proses rekruitmen tenaga asesor, kelembagaan dan pembiayaan LAM semuanya akan menjadi bahan agenda pembicaraan dalam Rakernas di Makassar. Tetapi paling tidak tahun 2013 tandas Guru Besar Ilmu Hukum UMI Makassar ini, LAM sudah mulai melaksanakan tugas dan fungsinya.

        LAM tandas Hambali, tidak menjadi pesaing  bagi BAN-PT, tetapi menjadi mitra kerja mempercepat pencapaian semua prodi di PTS terakreditasi. 

       Di masa depan ungkap Hambali, BAN-PT idealnya menjadi payung bagi hadirnya lembaga akreditasi lainnya. BAN-PT, sebaiknya melakukan visitasi untuk akreditasi institusi kampus.

       Akreditasi bagi prodi diserahkan kepada lembaga dibentuk  masyarakat dan stakeholder dari dunia pendidikan tinggi, tandasnya, seraya menambahkan di beberapa negara lembaga akreditasi lebih dari satu, tegas DPK Fakultas Hukum UMI Makassar ini. (yahya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar