Jumat, 28 Maret 2014

Rakerda 2014


         Rutinitas di awal tahun baru, jajaran pegawai kantor Kopertis Wilayah IX Sulawesi menggelar Raker 2014. Kegiatan tahunan ini,  menjadi peristiwa dinantikan oleh  seluruh pegawai dan stakeholder Kopertis IX. Selama dalam rapat komisi dan pleno, peserta Rakerda membahas sejumlah masalah strategis, bakal dihadapi selama satu tahun, termasuk merencanakan kegiatan satu tahun ke depan.

         Suasana rapat selama kegiatan raker, para peserta mengajukan usul, saran dan kritik terhadap kinerja Kopertis IX selama satu tahun terlewati, serta kesiapan melaksanakan program kerja satu tahun anggaran. Raker menjadi wadah mengeluarkan masalah tekhnis dihadapi para pegawai selama setahun masa kerjanya.

        Stering Komite Rakerda Kopertis 2014, akhirnya mengeluarkan 12 rumusan dan 23 rekomendasi. Rumusan dan rekomendasi itu merupakan akhir dari proses kerja selama dua hari, untuk kemudian menjadi acuan dan bagi jajaran Kopertis Wilayah IX melaksanakan tugas melayani stakeholder dari kampus-kampus swasta di wilayah kerjanya. 

        Salah satu rekomendasi sangat mendesak dan segera hadir adalah, penyusunan rencana strategi Kopertis 2014-2018, serta menetapkan visi dan misi Kopertis dengan menyesuaikan aturan dan kebijakan yang berlaku sehingga arah kedepan dapat mengukur kinerjanya. 

      Struktur baru Kopertis perlu dicermati terutama penentuan kegiatan sehingga tidak menimbulkan konflik kepentingan di antara unit kerja terutama berkaitan  unit kerja yang lain. Standar Operasional Prosedur (SOP) telah disepakati menjadi acuan dasar pelaksanaan tugas pegawai perlu segera dikeluarkan petunjuk tehnis operasional agar pelaksanaan di lapangan tidak saling tumpang tindih. 

        Kehadiran Unit-Unit Pengembangan menjadi mitra Kopertis memperlancar tugas dan fungsinya, juga menjadi skala perhatian dengan melakukan evaluasi terhadap person yang selama ini diberi amanah pada unit itu. 

       Rumusan dan rekomendasi itu tentu menjadi harapan dan impian seluruh civitas akademika kampus PTS dan pegawai Kopertis dilaksanakan secara baik dan benar. Lewat rumusan itu,  tentu menjadi tolak ukur bagi pegawai Kopertis dalam menyajikan dan menghadirkan pelayanan semakin berkualitas dan penuh kepastian. 

         Kopertis Wilayah IX   merupakan perpanjangan tangan pemerintah pusat di daerah, memiliki beban tanggungjawab besar dalam mengamankan kebijakan pemerintah pusat terkait arah peningkatan dan pengembangan perguruan tinggi swasta yang beroperasi di wilayah seluruh Pulau Sulawesi.
        Lewat Rakerda 2014, menjadi harapan seluruh pegawai Kopertis dan kampus PTS, proses kerja memberi pelayanan semakin berkualitas, nyaman, berkepastian dan cepat selesai. Sebab kalau kondisinya tetap stagnan itu berarti proses kinerja hanya berjalan di tempat. Kondisi kerja demikian tentu kita tidak  inginkan kembali menjadi rutinitas bagi pegawai dan kampus PTS yang dilayani setiap saat. ***
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar