Minggu, 29 Maret 2015

Hj. Suryani SH, MH: Panggilan Nurani Mendidik Anak Bangsa




         Ikhtiar dari awal mendirikan yayasan bergerak pada bidang pendidikan, merupakan panggilan nurani guna mengambil peran mendidik dan mencerdaskan anak bangsa. Rutinitas tahunan tersaji di pelupuk mata, begitu banyak alumni SLTA tidak sempat lanjut studi ke jenjang pendidikan pada perguruan tinggi negeri.

         Berangkat dari realitas sosial demikian, sehingga kehadiran yayasan ini diharap mampu menjawab kenyataan itu. Memilih bergerak pada jenjang pendidikan ilmu-ilmu kesehatan dan kependidikan, pada kenyataannya cukup diberi kepercayaan oleh masyarakat dengan begitu banyak peminat mahasiswa baru dari tahun ke tahun. 

         Pengelolaan pada dua kampus itu membantu pemerintah mencerdaskan anak-anak bangsa dilandasi  keihlasan dan semangat pengabdian.  Sumber daya berkualitas menjadi salah satu syarat bangsa ini memiliki daya saing. Demikian ditegasakan Ketua Yayasan Pendidikan Islam Mega Rezky Pusat Makassar mengelolah kampus STIKES Mega Rezky dan STIKIP Mega Rezky, Hj. Suryani, SH, MH.

         Tekad dan semangat pengelola menghasilkan luaran berkualitas secara kontinyu dilakukan dengan menghadirkan inovasi baru yang mampu memberi daya saing bagi civitas akademika kampus.

       Pihak yayasan mempersiapkan sarana dan prasaran pembelajaran sangat memadai. Lokasi kampus terletak di Antang Raya Makassar, dengan bangunan empat lantai, ditambah laboratorium dan perpustakaan dengan peralatan dan koleksi buku dan jurnal relatif lengkap, tandas wanita kelahiran 29 Juli 1965 ini.

        Perluasan dan penyempurnaan bangunan kampus dilakukan sesuai  tuntutan dari pengelola dua kampus tersebut. Lahan masih tetap ada,  guna mengantisipasi arah perkembangan dan pertumbuhan kampus di masa mendatang. 


         Sarana peribadatan juga dilengkapi dengan hadirnya masjid dalam kampus. Demikian halnya sarana dan prasarana olahraga lainnya juga secara bertahap akan dihadirkan di kampus. Semua itu diadakan pihak yayasan dengan sebuah harapan civitas akademika, dapat dengan leluasa menjalankan syariat agama serta menjalani latihan olahraga sejumlah cabang olah raga, tegas Suryani.

        Selain sarana dan prasarana dibenahi, kualitas sumber daya dosen juga setiap saat didorong melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Sejumlah dosen sedang merampungkan studi S3, pada program pascasarjana  di dalam dan luar negeri. Selain itu masih ada juga dosen lainnya sedang menyelesaiakan jenjang studi magister pada program pasca sarjana di Makassar serta di Jawa, ungkap magister hukum PPs-Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar ini. 

         Sumber daya dosen  menjadi aset utama kampus, sehingga harus betul-betul setiap saat ditingkatkan keterampilan dan kualitas dirinya. Para dosen setiap saat didorong meningkatkan dan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dharma penelitian ditekankan menjadi skala prioritas. Dosen diarahkan selalu merancang dan melakukan  penelitian sesuai disiplin ilmunya, hasil penelitian itu dipublikasikan pada jurnal terakreditasi skala nasional dan internasional.


        Semakin banyak hasil karya dosen terpublikasi pada jurnal skala internasional, itu akan lebih meningkatkan kualitas dan peringkat kampus. Pihak yayasan senantiasa memacu dan memotivasi dosen memperbanyak melakukan penelitian,  kemudian mempublikasikan karya ilmiah pada jurnal terakreditasi.

        Membangun relasi dan jaringan kerjasama juga dilaksanakan hampir setiap saat. (MoU) antara kampus  STIKES Mega Rezky Makassar dengan Saint Paul University Philippines (SPUP), dilaksanakan  22 November 2011 di kampus Saint Paul University Philippines di Tuguegarao City, Cagayan, Philippines. Kerjasama ini terutama untuk peningkatan kualitas  tenaga dosen.

        Jalinan kerjasama di dalam negeri juga setiap saat dilakukan, rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan di Makassar dan kota-kota lainnya di wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya, senantiasa terjalin baik. Pusat pelayanan kesehatan itu menjadi tempat bagi mahasiswa melakukan kerja praktek dan berbagai kegiatan akademik lainnya, ungkap sarjana hukum Universitas Satria Makassar ini.

        Pihak yayasan selalu mengingatkan pengelola dua kampus, senantiasa memperhatikan status akreditasi prodi yang dikelola serta akreditasi institusi. Status akreditasi menjadi prasyarat bagi alumni di masa depan masuk pada kompetisi kerja, sehingga kampus yang mencetak mereka itu,  harus mempersiapkan diri menjawab tantangan pasar kerja masa depan, kata Suryani.

         Kedua kampus itu mengelolah 11 program studi, STIKES Mega Rezky membina  prodi, S1 Keperawatan, D3 Kebidanan, D4 Bidan Pendidik, D3 Analis Kesehatan, D3 Farmasi, S1 Farmasi dan Profesi Ners. Kampus STIKIP Mega Rezky membina prodi, S1 Pendidikan Sosiologi, S1 Bahasa Inggeris, S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi serta S1 PGSD, tegasnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar