Jumat, 18 Juni 2010

Melatih Calon Wartawan Kampus

SEDIKITNYA 50 mahasiswa yang berasal dari sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) yang berada di bawah kordinasi Kopertis Wilayah IX Sulawesi mengikuti pelatihan jurnalistik di Hotel Gran Central Kota Manado. Pelatihan ini berlangsung mulai 9 hingga 12 Juni 2010.
Peserta pelatihan itu di antaranya berasal dari UMI Makassar, STISIPOL Merdeka Manado, STIE Budi Utomo Manado, Universitas Ichsan Gorontalo, Universitas Klabat Manado, STIA Pariwisata Manado, Universitas Dumoga Kotamubagu, dan STIKES Muhammadiyah Manado.
Pelatihan dibuka Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Maduppa Abbas MH, mewakili Kordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi.
Peserta dan narasumber pelatihan semuanya ditempatkan di hotel berlantai delapan ini. Suasana pelatihan berlangsung dinamis. Peserta antusias bertanya dan berdialog tentang profesi wartawan. Pelatihan ini membahas di antaranya strategi mencari dan menulis berita, foto jurnalistik, serta media online yang kini trend dalam beberapa tahun terakhir.
Para pemateri di antaranya Prof Dr Syamsul Ridjal Msi, Asnawin Aminuddin, dan Huriah Ali Hasan ME, dan saya sendiri.
Ketua panitia, Ichsan Kasnul Faraby Msi, mengatakan, pelatihan jurnalistik tersebut bertujuan memberi pemahaman dan pengetahuan tentang jurnalistik kepada mahasiswa. Lepasan pelatihan jurnalistik ini juga akan menjadi reporter atau koresponden Tabloid CERDAS yang merupakan media internal Kopertis Wilayah IX Sulawesi yang terbit sekali sebulan.
CERDAS butuh informasi berupa berita dan gambar dari 345 PTS yang ada di Sulawesi yang menjadi wilayah kerja Kopertis Wilayah IX Sulawesi. (*)
Citizen Reporter Moh Yahya Mustafa Dosen Universitas Sawerigading Melaporkan dari Manado
dimuat di Harian Tribun Timur, Kamis 10 Juni 2010 | 07:03 WITA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar