Kamis, 16 Mei 2013

Andi Ridwan Wittiri, SH : Pelanjut Generasi Nasionalis Sejati

Persentuhan dan pengenalan ideologi nasionalis, bagi Caleg urut 1 PDI Perjuangan DPR RI  dari Sulsel I, Andi Ridwan Wittiri, SH,   sudah dialami sejak dari masa kecil di tanah kelahirannya Watansoppeng. 


       Orang tuanya, H. Andi Wittiri di kalangan masyarakat Soppeng dikenal selaku nasionalis sejati. Malah dia menjadi salah seorang tokoh penandatangan fusi PDI mewakili unsur partai Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI).   

      Kehadiran Andi Iwan, panggilan akrab caleg pusat ini, pada panggung politik Sulsel bukanlah orang baru, tetapi pria kelahiran, Soppeng 15 Desember 1962 adalah pelanjut dari generasi nasionalis sejati. Sosialisai ideologi nasionalis dilewati dan dijalani pada masa kecil di tengah lingkungan keluarga yang sangat  kental dengan partai beraliran ideologi nasionalis itu.

      Panggilan jiwa ikut bertarung pada pileg DPR RI, didasari dari keinginan untuk bersama semua kalangan memperjuangkan kesejahteraan rakyat serta berjuang demi kepentingan rakyat. 

       Memperjuangkan rakyat lewat struktur politik di lembag legislatif akan lebih nyata dan riil. Kerja-kerja politik yang dijalani secara pragmatis akan memberi warna ideologi dan semangat nasionalis dalam proses pengambilan kebijakan pada sidang-sidang di lembaga legislatif, terutama dalam soal keberpihakan bugeting mata angaran serta pembahasan UU di parlemen, tandas pengurus anggota Departemen Ormas DPP PDI Perjuangan ini.

       Karier politik secara formal sudah dimulai saat fusi PDI di masa-masa awal Orde Baru berkuasa tahun 1977. Andi Iwan mengalami dan merasakan betul  betapa kuat dan kerasnya tekanan rezim terhadap PDI dimasa itu yang merupakan fusi dari berbagai partai beraliran ideologi nasional di antaranya, PNI, IPKI, Parkinto. 

      Masa-masa kekerasan menjelang pemilu Orde Baru juga menjadi bagian dari perjalanan hidupnya. Ketika memasuki masa reformasi, Iwan menjadi aktifias dan fungsionaris PDI Perjuangan di tingkat pusat. 

     Menjadi Bendahara Umum Garda Republik, Tim kampanye Megawati  Tim Kampanye Presiden Mega-Hasyim 2004 – 2009. Ketua DPP Banteng Muda Indonesia dan Korwil Sulawesi - Gorontalo – Maluku (Sayap Partai PDI Perjuangan). Anggota Departemen Bidang Ormas (DPP Partai PDI Perjuangan). Caleg PDI Perjuangan DPR RI 2004 – 2009. Caleg PDI Perjuangan DPR RI 2009 – 2014. (No. Urut 6 - Dapil Sul-Sel II. (yahya-ulla-tika)
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar