Minggu, 08 September 2013

Papua Negeri Kaya Penduduk Miskin

Judul : Pembangunan Papua dalam Pusaran Politik
Penerbit : P2P LIPI
Edisi : Vol.9/No.1 Tahun 2012
Tebal : v +171 hal
ISSN : 1829-8001

         Kurun waktu panjang Papua Barat provinsi paling timur di republik ini,  senantiasa terperangkap dalam  kemiskinan dan konflik serta kekerasan. Walau provinsi ini sudah kurang lebih setengah abad bergabung dengan NKRI, tetapi penduduk dan wilayah ini masih saja tertinggal dan terkebelakang.
       Padahal kalau dialihat dari sumber daya alam, sangat melimpah ruah. Potensi tambang dan sumber daya alam lainnya termasuk sangat besar depositnya. Data Bappeda Provinsi Papua 2009, terdapat sebanyak 2,5 miliyar ton kandungan cadangan bahan tambang emas dan tembaga. Belum lagi hasil hutan dan sektor kelautan.
        Realitas keseharian menempatkan daerah ini walau kaya tetapi penduduknya masih tetap saja bergelut dengan kemiskinan dan kekerasan.  Jurnal Politik edisi kali ini mengangkat tema soal Pembangunan Papua dalam Pusaran Politik.
        Naskah tulisan yang masuk menyorot, akar masalah dan solusi konflik; perdamain dan pembangunan; kemiskinan dan konflik; Dilema UU Otoda Khusus; Wacana Kemerdekaan Papua.
        Jurnal ini patut dan menarik dibaca bagi pihak yang menyukai studi politik dan pengamat masalah kekerasan dan konflik. (yahya) 


 

2 komentar:

  1. Seharusnya Pmerintah lebih memperhatikan sumber daya alam kita dari pada mengurus kenaikan harga minyak yang mengakibatkan inflasi dan rakyat sengsara,

    BalasHapus